Pinter? So What?


Hmm. . banyak yang sering tanya tentang gimana caranya jadi anak pinter en berprestasi, n macem-macem juga jawabannya. Nah di sini Mee mau ngasih beberapa pendapat Mee tentang gimana jadi anak pinter n berprestasi. Penasaran? Baca aja, yukz. . .

Apa sih rahasianya jadi pinter?
Nah pertanyaan ne yang paling sering dilontarin banyak orang. Sebenernya, tiap orang tu pinter. Cuma jenisnya aja yang beda. Ada yang emang pinter secara genetis alias keturunan, ada yang pinternya karena emang ulet belajarnya, ada yang pinternya cuma di bidang-bidang tertentu, ada yang cerdik, ada yang pinternya jenis kreatif, de.el.el.
Jenis ato tipe orang yang pertama disebutin tadi biasanya pinter jenis cerdas ato kadang juga ada yang tarafnya jenius. Ne karena emang dari sononya udah pinter n IQ-nya tinggi plus keluarganya emang keluarga ber-IQ tinggi-tinggi. Orang-orang kayak gini biasanya gak perlu belajar pun udah bisa ngatasi soal-soal yang disodorin ato mecahin masalah-masalah khususnya yang menyangkut logika. Kalo orang itu udah jenius plus rajin, wah gak ketulungan deh pinternya! Suka bikin orang lain melongo biasanya. Oya, orang-orang pinter jenis ini juga biasanya pikirannya sulit dipahami, soalnya pemikirannya udah tinggi banget n bahasa yang dipake juga yang ‘wah’. Orang-orang pinter tipe jenius ato cerdas ini biasanya suka sama bidang fisika ato matematika yang emang butuh logika buat mecahin masalah-masalahnya. Pinter jenis ini karena emang karena faktor genetis, gak bisa dibuat-buat coz kan udah takdir. . . hehehehe. . .
Yang kedua, pinter karena ulet belajar. Nah, yang ini sih semua orang juga bisa jadi orang tipe ini asal punya kemauan en usaha yang dilakuin bener-bener maksimal. Kadang pun pinter tipe ini terbentuk karena kebiasaan dari kecil ato pembiasaan dari orangtuanya buat belajar ato baca buku. Jadi, kebiasaan en perlakuan orangtua juga ngaruh sama kemampuan otak kita (baca: kepinteran kita). Kalo orang yang emang dibiasain baca buku dari kecil, dia bakal cinta banget baca buku en otomatis wawasannya pun jauh lebih luas daripada orang yang ga dibiasain baca buku dari kecil. Tapi, kalo kamu bukan tipe orang yang dari kecil suka baca buku, bukan berarti kamu ga bisa pinter kayak mereka. Gak ada kata terlambat buat belajar, bro! Kalo baru mulai sekarang kamu baru jatuh cinta sama buku, bukan berarti ga ada kesempatan buat kalian ngunggulin orang yang lebih pinter dari kamu. Kayak pepatahnya orang barat neh, katanya where there is a will, there is a way. So, jangan putus asa yap walau usaha kalian kadang belum membuahkan hasil! ;)
Oya, pinter jenis ini ato biasanya sebutannya orang pandai, biasanya gak begitu bagus-bagus amat di bidang logika walaupun kayaknya lumayan juga nilainya. Mereka tuh biasanya justru lebih bisa di bidang hafalan kayak biologi ato IPS. Hmm...en bahasanya juga lumayan lah, mereka cukup bagus kalo disuruh bikin karangan ato syair biarpun bahasanya kadang yang standar-standar aja walau ada yang bahasanya super puitis.
Nah, sekarang mbahas yang jenis orang pinter cuma di bidang tertentu doang. Hmm... sebenernya sih tiap orang tu diciptain udah punya kelebihan en kekurangan masing-masing, jadi sebenernya juga orang tu pinternya emang di bidang-bidang tertentu, tergantung kemampuan en kemauan ato minat orang itu.
Orang-orang yang pinter di bidang tertentu biasanya tu karena kemampuan otak kanan ama otak kirinya ga sama alias ga seimbang. Ada yang kelebihannya di otak kanannya, ada yang kelebihannya di otak kirinya. Orang yang otak kanannya lebih daripada otak kirinya, biasanya kreatif n bakatnya di bidang seni. Orang yang kayak gini en masuk golongan orang kreatif, biasanya imajinasinya tinggi, kemampuan ngarangnya tinggi, n slalu banyak ide. Perasaannya (intuisi) juga lebih tajam daripada yang ‘kelebihan’ otak kiri, walaupun jadinya kemampuan logikanya kurang. Sedangkan yang otak kirinya lebih daripada otak kanannya, biasanya logikanya lancar, pinter ngitung, tapi susah disuruh ngapalin en bakat seninya kurang.
Sekarang mbahas orang cerdik. Cerdik tu apaan sih? Bedanya apa ama cerdas ato pandai? Nah, orang cerdik itu (menurut aku sih) orang yang selalu punya ide buat keluar dari suatu masalah tapi cara yang dipakenya tu biasanya agak ‘awud’. Kalo ga ya kadang justru bikin orang kesel ato malah heran sendiri. Pokoknya orang cerdik tu selalu punya cara unik a la dirinya sendiri buat ‘ngakali’ masalah ato bahkan ‘ngakali’ orang. Contohnya ya kayak Si Kancil yang udah familiar lah di telinga kita yang asli anak Indonesia (cie..). Bedanya cerdik ama cerdas en pandai itu ya kalo cerdik itu banyak akal en punya cara ‘unik’, cerdas itu pinter alami (kagak perlu pake multivitamin ato bahkan belajar juga seringkali udah pinter sendiri), kalo pandai itu pinter karna belajar.

Nah udah tau kan jenis-jenis orang pinter itu? Yah itu sih menurutku... kalo ada yang berpendapat lain ya silakan aja. En kalian juga bisa nentuin kalian tu pinter jenis apa. Kalian juga bisa nyimpulin kan, apa rahasia pinter itu? Mee yakin kalian bisa. Tapi biar lebih yakin lagi, kesimpulannya, pinter itu bisa diusahain pake cara:
1. belajar en belajar.
Yang ini sih wajib ya, biarpun kalo kalian itu cerdas, tapi kalo kalian juga rajin belajar pasti kalian bisa improve kemampuan kalian. Jangan pernah bosen buat belajar karna belajar ntu kewajiban kita sejak lahir sampai mati (hidih serem amat). Yakinkan diri kalian kalo belajar itu suatu kebutuhan, bukan keterpaksaan karna musti memenuhi kewajiban kita. Kalo kalian ngerasa butuh belajar tiap waktu, otak kalian pasti juga tambah bagus kemampuannya.
2. banyak-banyak baca
Udah banyak kan yang bilang kalo budaya baca tuh bisa memperluas wawasan? Selain itu juga udah banyak buktinya juga kok. Misalnya Pak B.J. Habibie, beliau tuh bisa nyiptain pesawat en ampe tinggal di Jerman gitu karna beliau ‘freaks’ banget baca buku. Ga ada ruginya kita banyak-banyak baca, daripada cuma FB-an, twitter-an, mxit-an, en segala aktivitas browsing yang sebenernya ga begitu bermanfaat gitu. Banyak baca buku ga bakal bikin kalian katrok ato ndeso kok. Justru kalian bisa dapet banyak banget manfaat dari baca buku itu. Justru orang yang ga suka baca buku itu yang jadi bakal-bakal alias calon-calon orang katrok. But, inget, baca tuh ga musti buku-buku pelajaran ato buku yang tebel-tebel gitu. Baca koran en majalah (tapi majalah yang bermanfaat lho ya) juga bisa nambah wawasan kalian.
3. banyak latihan
‘practice makes perfect’. Seringlah latih otakmu dengan berbagai permainan otak atau aktivitas yang banyak melibatkan kerja otak. Main cube, catur, bikin karangan, bikin pernak-pernik, en banyak lagi macem permainan otak yang bisa kalian lakukan buat ngelatih otak kalian. Banyak ngerjain soal-soal matematika en itung-itungan yang lain juga bisa ngelatih kemampuan logika kalian. Sering-sering ngerjain latihan soal macem-macem mapel yang lain juga bisa ningkatin kemampuan kalian. Karena semakin sering otak kita dilatih, semakin kuat kemampuan kerja otak kita.

Pelajar dan Prestasi
Pinter doang ga menjamin kalian sukses. Kalo kalian pinter tapi minim prestasi tuh masih kurang afdhal. Biarpun kalian pinter tapi ga berprestasi, orang-orang ga tau kemampuan kalian yang sebenernya. Tapi kalo kalian udah ngebuktiin dalam suatu kompetisi bahwa kamu berprestasi, orang bakal lebih menghargai en mengenal kamu. Orang yang berprestasi, biarpun dia gak pinter-pinter amat, bisa jadi bakal lebih sukses daripada orang yang ‘cuma’ pinter doang. Makanya, kejar prestasimu selama kamu masih punya kesempatan. Semua orang punya kesempatan yang sama, tinggal yang lebih berkeinginan kuat en berusaha lebih maksimal yang bakal jadi yang terbaik.
Untuk meraih sesuatu yang kita inginkan itu ga semudah membalik telapak tangan. Kita musti berusaha semaksimal mungkin, dengan semua kemampuan terbaik kita. Prestasi juga gitu, ga bisa langsung dengan mudahnya kita dapetin. Kita perlu melangkah selangkah demi selangkah untuk menuju puncak tangga prestasi. Buat naik tangga prestasi juga ga segampang yang kita liat. Kita perlu banyak usaha. Nah, usahanya itu dalam bentuk latihan. Tapi percuma juga kalo kita latihan ga dengan sungguh-sungguh. Prestasi itu musti dikejar dulu, baru kalo udah didapetin, prestasi itu bakal ngasih banyak banget kemudahan en manfaat buat kita. Kita musti ngejar dulu, baru nanti kita dikejar. Nah di sini Mee mau ngasih sedikit tips ato saran buat meraih prestasi.
ü Jadiin sekolah sebagai rumah keduamu. Tanamkan rasa cinta pada sekolah dalam diri kita. Kalo kita udah cinta sekolah, kita musti cinta belajar juga, en ngrasa kalo itu kebutuhan kita.
ü Aktif di sekolah. Dalam arti kita aktif di saat jam pelajaran en aktif ikut ekskul-ekskul di sekolah kita. Ekskul bisa ngembangin kemampuan kita en bakat kita juga bisa buat ajang cari prestasi. Selain itu, kita bisa jadi siswa yang dikenal baik ama guru karna kita sering banget ke sekola buat ikut ekskul, nah, hal ini juga salah satu alasan guru nunjuk kamu buat ngewakilin sekolah kalo ada lomba sesuai kemampuan kamu. Jadi kamu bisa nyari ajang berprestasi dengan cara menonjolkan diri kamu en kemampuan kamu dibanding siswa lain (istilahnya bikin diri kamu eksis di sekolah kamu, tapi dari segi positif).
ü Perbanyak pasukan temen-temen kamu. Banyak temen, banyak rezeki loh, makanya mending banyakin temen kamu daripada nambah musuh yang ga ada gunanya. Dengan temen-temen yang banyak, kita bisa dapet support en kiriman doa lebih banyak yang ngelancarin kita dalam meraih prestasi.
ü Tekuni suatu bidang yang bener-bener ‘kamu banget’ dengan sungguh-sungguh. Kalo kamu tekun, pasti usahamu membuahkan hasil yang memuaskan.
ü Anggap prestasi itu suatu kebutuhan juga, jadi kita yang musti ngejar-ngejar prestasi itu. Jangan suka nunggu sesuatu datang dengan sendirinya tanpa kita mau usaha.
ü Kerjakan dengan sungguh-sungguh apa yang udah guru kamu percayain ke kamu, jangan sampai ngerusak kepercayaan yamg udah dikasih guru kita dengan ngecewain guru kita.
ü Yakinlah kalo prestasi itu bawa manfaat buanyak banget ke kehidupan kamu.
ü Selalu ikhtiar en berdoa supaya kita bisa selalu dapet hasil terbaik sesuai yang kita harapkan. Jangan lupa juga buat njaga ibadah kita sama Yang Maha Kuasa. Itu bisa ngebantu memudahkan jalan kita banget lho.

Hmm... yah sebenernya masih banyak ya, cara-cara buat jadi pelajar berprestasi. Cuma penulis baru taunya cara-cara yang di atas itu. Moga aja tulisan ini bermanfaat yah buat kalian semua. And thanks buat yang udah sempet baca. ^_~

0 Response to "Pinter? So What?"

Poskan Komentar